-->

Senin, 24 Desember 2012

Istilah Blogwalking

 

Anda seorang blogger pemula? Atau Anda seorang onliner yang belum memiliki blog namun sangat ingin memilikinya? Siapapun Anda, kemungkinan besar Anda sudah pernah mendengar istilah blogwalking. Namun, seperti banyak istilah asing lain dalam berbagai bidang, kadang kita hanya tahu ada istilah tersebut tapi tak tahu apa arti sebenarnya dari istilah tersebut.
Blogwalking berasal dari kata blog dan walk + ing untuk menunjukkan bahwa ini kata kerja. Dari asal katanya saja kita bisa memahami bahwa arti blogwalking adalah jalan-jalan ke blog tetangga di dunia maya. Sudah mengerti bukan?
Aktivitas blogwalking memiliki sangat banyak manfaat, diantaranya adalah:
  • Menambah wawasan dan informasi baru yang bermanfaat. Tentu dengan syarat, blog yang Anda kunjungi benar-benar blog yang bagus dan informatif.
  •  Terbinanya hubungan baik antar sesama blogger. Ini merupakan investasi jangka panjang. Anda tentu tak ingin menjadi blogger kesepian karena tak ada blogger yang sudi mengunjungi blog Anda atau memperhatikan blog Anda.
  • Mendapatkan backlink (link balik) yang sangat penting untuk menaikkan posisi Anda di SERP (search engine result page) semacam google. Ini tentu jika Anda meninggalkan jejak di blog yang Anda kunjungi, yaitu dengan memberikan komentar di blog tersebut sembari mencantumkan link ke blog Anda.
  • Menjadikan blog Anda terkenal. Jika Anda rajin melakukan aktivitas blogwalking dan memberikan komentar di setiap blog yang Anda kunjungi, tentu blogger (maupun onliner non blogger) lain akan tertarik untuk mengunjungi blog Anda juga. Kalaupun tidak, minimal nama blog Anda familiar bagi mereka.
  • Menambah pundi-pundi uang Anda. Semua blogger senior sangat paham bahwa salah satu tujuan utama aktivitas blogwalking adalah mendapatkan kunjungan balik ke blog mereka. Bagi blogger yang memang menjadikan blog mereka sebagai ladang uang (istilah kerennya monetize blog), tentu semakin banyak kunjungan ke blog mereka, peluang mendapatkan uang juga semakin besar.
  • Manfaat diatas saja sudah cukup untuk menunjukkan betapa pentingnya aktivitas blogwalking bagi seorang blogger.
Nah, selain memaparkan beberapa manfaat aktivitas blogwalking, ada rambu-rambu dalam blogwalking. Berikut diantaranya:
  • Harus dipahami, tujuan paling utama dari aktivitas blogwalking adalah untuk menambah wawasan dan informasi yang bermanfaat dari blog yang dikunjungi. Dari sini dapat dipahami, tak ada gunanya berkunjung ke blog yang minim informasi, berisikan konten sampah.
  • Ketika memberikan komentar pada sebuah artikel, Anda harus memastikan bahwa komentar Anda relevan dengan artikel bersangkutan, sangat baik jika Anda malah bisa memberikan pengayaan terhadap artikel tersebut. Anda harus menghindari komentar yang sifatnya basa-basi apalagi beriklan tidak pada tempatnya. Untuk link ke blog Anda, cukup diketikkan di kolom website pada form komentar, tak perlu ditulis lagi di kolom isi komentar. Silakan lihat screenshot dibawah ini, ada form komentar dengan beberapa kolom (klik gambar untuk memperbesar).
 
 source : marsoumflash.wordpress.com

2 komentar:

  1. Oh, begitu ya. Oh ya, saya masih blogger yang bisa dibilang newbie, jadi belum tau istilah" dalam dunia blog. Dan terimakasih atas informasinya. :D

    BalasHapus
  2. jadi klow sering berkunjung di blog lain bsa ngangkat page rank jga ya ?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...